Beranda | Artikel
Ketika Manusia Digiring Ke Padang Mahsyar
Senin, 27 September 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Ketika Manusia Digiring Ke Padang Mahsyar merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 13 Safar 1443 H / 27 September 2021 M.

Kajian Tentang Ketika Manusia Digiring Ke Padang Mahsyar

Manusia pada waktu itu akan berkumpul di Padang Mahsyar dalam kondisi tidak pakai alas kaki, tidak berpakaian, dan tidak berkhitan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﻣَﺤْﺸُﻮﺭُﻭﻥَ ﺣُﻔَﺎﺓً ﻋُﺮَﺍﺓً ﻏُﺮْﻟًﺎ

“Sesungguhnya kalian akan digiring ke Padang Mahsyar dalam kondisi tanpa alas kaki, tanpa pakaian, dan tidak berkhitan.”

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membaca ayat:

…كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُّعِيدُهُ ۚ وَعْدًا عَلَيْنَا ۚ إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ

“Sebagaimana awal Kami menciptakan Kami akan kembalikan lagi seperti itu. Ini merupakan janji Kami dan Kami pasti akan melaksanakannya.” (QS. Al-Anbiya[21]: 104)

Ketika Ummul mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha mendengar sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini, maka dia berkata: “Laki-laki dan perempuan bersama, masing-masing mereka melihat yang lain?” Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

ﻳَﺎ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔُ ﺍﻟْﺄَﻣْﺮُ ﺃَﺷَﺪُّ ﻣِﻦْ ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﻈُﺮَ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺑَﻌْﺾٍ

“Wahai ‘Aisyah, urusannya jauh lebih dahsyat ketimbang hanya lihat kiri lihat kanan.”

Artinya orang tidak terpikir lagi melihat sana-sini. Yang terpikir dikepalanya adalah bagaimana nasib dia. Apakah dia akan menjadi penduduk surga ataukah Allah akan masukkan dia ke dalam neraka jahannam? Semua sibuk mengurus urusannya masing-masing.

Kita bisa bayangkan ketika seseorang berada di kamar mandi tanpa pakaian. Kemudian tiba-tiba terjadi gempa, rumahnya dan rumah tetangga hampir roboh, apakah kira-kira dia berfikir untuk mencari pakaian ketika lari keluar rumah? Tentu yang terfikir hanya bagaimana cara menyelamatkan diri dari runtuhan rumahnya.

Demikian kondisi yang penuh huru-hara, tidak ada lagi orang yang melihat ke kiri dan kanan. Itulah yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50766-ketika-manusia-digiring-ke-padang-mahsyar/